Tips Orang Tua Membantu Anak Berhasil Di Sekolah

107 views

Tips Orang Tua Membantu Anak Berhasil Di Sekolah

Sebagai orang tua, kami ingin anak-anak kami berhasil di sekolah karena pendidikan sangat penting bagi keberhasilan mereka, tetapi seringkali, kami tidak tahu apa yang dapat kami lakukan untuk memastikan kesuksesan mereka.

Kami akan mengirim mereka ke sekolah, menyediakan materi untuk mereka dan bahkan memberi mereka lingkungan rumah yang baik untuk ditinggali dan pada dasarnya itu adalah yang terbaik yang bisa kami lakukan untuk mereka. Namun, ada banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang baik.

Berinteraksi dengan guru anak-anak kita dapat sangat bermanfaat bagi kita karena ada hal-hal yang mereka ketahui yang mungkin tidak kita ketahui yang dapat membantu kita mempersiapkan anak-anak kita untuk sukses.

Orang tua yang aktif dalam pembelajaran anak mereka memiliki efek positif jangka panjang pada kinerja anak mereka. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat kami lakukan untuk membantu kinerja mereka di sekolah.

Tips Bagi Orang Tua Membantu Anak Berhasil Di Sekolah

1. Kunjungi sekolah

Mengetahui lay out dan tata letak gedung sekolah dapat membantu Anda terhubung dengan anak Anda saat sedang berbicara tentang harinya di sekolah. Cari tahu di mana lokasi kelasnya, UKS, kantin, tempat olahraga, lapangan, taman bermain, aula, dan ruang guru, sehingga Anda bisa membayangkan dunia anak Anda saat ia sedang bercerita.

2. Kenali guru-gurunya

Anak remaja Anda dapat berprestasi lebih baik jika orangtua mereka terlibat dalam kehidupan akademiknya. Menghadiri acara sekolah adalah cara yang baik untuk melihat bagaimana sekolah anak Anda, juga mengenal gurunya. Anda juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, serta berbagai pilihan yang perlu diketahui orangtua dan wali murid.

Menghadiri pertemuan guru dan murid adalah cara yang bagus untuk tetap mengetahui informasi dari sekolah. Di banyak sekolah, guru biasanya hanya akan memanggil orangtua saat ada masalah tingkah laku anak atau jika nilai anjlok, tapi jangan sungkan untuk membuat janji dengan gurunya dan bertemu untuk membahas perkembangan akademis anak Anda, atau kebutuhan khususnya.

Ingat bahwa orang tua atau wali memiliki hak untuk bertemu dengan guru, kepala sekolah, atau staff lainnya selama anak masih terdaftar sebagai siswa di sekolah tersebut.

3. Mengajari Membaca

Membaca itu penting, jadi kita harus membaca di depan anak kita. Kami harus menyediakan berbagai buku dan majalah untuk memperluas kosakata mereka. Pertahankan komunikasi terbuka dengan guru untuk memantau kemajuannya.

4. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan rumah memainkan peran penting dalam kemajuan akademik anak. Lingkungan rumah harus berkontribusi pada proses pembelajaran dan menawarkan peluang untuk umpan balik positif. Perkuat peraturan sekolah dan kelas di rumah. Periksa pekerjaan rumah dan ketahui apa yang diharapkan dari anak. Dorong anak Anda untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelas dan bekerja untuk potensinya setiap saat.

5. Asupan Gizi yang Baik dan Teratur

Pastikan anak Anda cukup tidur dan makan makanan bernutrisi sebelum mengikuti tes. Tanyakan kepada guru anak Anda mengenai strategi pengujian yang efektif untuk membantu kinerjanya dalam tes.

6. Pastikan anak Anda berangkat ke sekolah dalam kondisi siap belajar

Sarapan yang bernutrisi membantu anak Anda untuk siap belajar seharian. Umumnya, anak yang rajin sarapan memiliki energi yang lebih dan akan beraktivitas lebih baik di sekolah. Anak-anak yang menyantap sarapan juga jarang absen dan jarang masuk UKS dengan masalah perut yang berkaitan dengan rasa lapar.

Anda dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak dengan menyediakan sarapan yang kaya akan kacang-kacangan, serat, protein, dan rendah gula. Jika anak Anda tak ada waktu untuk sarapan di rumah, bawakan ia bekal berupa susu, kacang, yogurt, dan roti dengan selai kacang atau roti isi pisang.

Remaja memerlukan waktu tidur sekitar 8,5 hingga 9,5 jam setiap malamnya sementara pra-remaja (usia 12-14) bahkan rata-rata butuh minimal 10 jam tidur setiap malam agar ia siaga dan siap belajar seharian. Namun, jam masuk sekolah yang sangat pagi, ditambah PR, aktivitas ekstrakurikuler, dan nongkrong dengan teman-temannya membuat banyak remaja mengalami masalah kurang tidur. Efeknya, ia akan sulit berkonsentrasi, memori jangka pendeknya menurun, dan responnya lambat.

7. Ikut terlibat dalam kegiatan sekolah

Menjadi sukarelawan dalam acara sekolah anak Anda adalah cara yang tepat untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan pendidikannya.

Tapi ingat, sebagian anak SMP mungkin akan senang saat orangtua mereka hadir ke sekolah atau pada acara sekolah, dan sebagian lainnya mungkin merasa malu. Pahami isyarat mereka untuk menentukan seberapa besar interaksi tersebut berguna bagi Anda dan anak Anda, dan apakah Anda akan bersukarela mengikuti kegiatan sekolah atau tidak. Jelaskan bahwa Anda tidak bermaksud memata-matainya, Anda hanya berusaha untuk membantunya di sekolah.

8. Awasi absensi anak di sekolah

Anak remaja Anda sebaiknya beristirahat di rumah saat ia mengalami demam, mual, muntah, diare, atau penyakit lain yang membuatnya tak memungkinkan untuk beraktivitas. Namun selain itu, sangatlah penting untuk mereka datang ke sekolah setiap harinya, karena mengejar ketinggalan tugas kelas, proyek, ujian, dan PR adalah hal yang lebih sulit dan akan mempengaruhi proses belajarnya.

Jika anak terlihat sering beralasan untuk tidak masuk sekolah, mungkin ada alasan lain yang tidak ia beri tahukan, misalnya bullying, tugas yang susah, nilai rendah, masalah sosial, masalah dengan teman, atau masalah dengan guru. Bicarakan hal ini dengannya untuk mencari tahu penyebabnya dan mencari solusinya.

9. Luangkan waktu untuk bicara tentang sekolah

Biasanya cukup gampang untuk berbicara dengan siswa sekolah dasar tentang apa yang terjadi di kelas dan berita terbaru di sekolah. Tapi orangtua dapat menjadi sibuk dan melupakan pertanya ansederhana tersebut, padahal percakapan seperti ini dapat mempengaruhi kesuksesan anak Anda di sekolah.

Buatlah waktu untuk berbicara dengan anak Anda setiap harinya sehingga ia tahu bahwa Anda menganggap apa yang terjadi di sekolahnya itu penting. Saat anak Anda tahu bahwa Anda tertarik dengan kehidupan akademiknya, ia akan bersekolah dengan lebih rajin.

/Tips Orang Tua untuk Membantu Anak Berhasil Di Sekolah

Pendidikan Tips Orang Tua

Penulis: 
author
Mediapembahsan.com adalah media sharing informasi pendidikan yang mengulas tentang, pendidikan secara umum, materi sekolah, soal pelajaran, perangkat, dan info menarik lainnya.

Posting Terkait