Strategi Dan Taktik Bola Besar (Materi Penjas Kelas XII Kurikulum 2013)

327 views

Menganalisis, Merancang dan Mengevaluasi Strategi dan Taktik Bola Besar Materi pendidikasn jasmani olahraga dan kesehatan kelas XII SMA /MA/ SMK.

Strategi adalah siasat yang dilakukan sebelum melakukan pertandingan. seperti menganalisis situasi tempat / lapangan, ketinggian, peralatan, dan makanan (non-teknis). penginapan, transportasi lokal, tipe lawan, karakter penonton, sistem pertandingan, pola, tipe bertahan, dan menyerang baik yang bersifat individu maupun tim / group (teknis).

Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik yang telah dikuasai dalam bermain. untuk menyerang kelemahan lawan dan menghambat kekuatan lawan secara sportif guna mencari kemenangan. atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimiliki.

Strategi dan Taktik dalam Permainan Bola Besar.

A. Taktik dan Strategi dalam Permainan Bola basket

Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai. Pola Penyerangan dalam Permainan Bola Basket adalah usaha yang dijalankan untuk menerobos daerah pertahanan lawan, sehingga dapat membuahkan hasil atau angka.

Pola Penyerangan Bola Basket :

  • Penyerangan Bebas (gerakan off the ball) Penyerangan bebas adalah penyerangan tanpa bola yang sangat bergantung dari penguasaan teknik, taktik dan kesempurnaan fisik setiap anggota tim yang baik. Meskipun bebas, namun penyerangan ini harus tetap ada koordinasi dan kerjasama antar pemain, sehingga terwujud adanya saling pengertian tiap pemain.
  • Penyerangan Kilat (fastbreak) Dasar penyerangan kilat adalah dengan 2 atau 3 operan harus sudah melakukan tembakan. Serangan kilat merupakan usaha untuk memperoleh posisi tembakan, pada saat lawan belum sempat menempati posisi jaganya. Serangan kilat merupakan senjata yang sangat baik untuk menghancurkan pertahanan lawan.
  • Penyerangan Kilat Berpola Serangan kilat berpola dimulai dengan adanya situasi-situasi tertentu, misalnya; dari bola loncat, lemparan ke dalam, dll.
  • Penyerangan Berpola (patern) Penyerangan berpola adalah penyerangan dengan mengatur setiap pemain yang mempunyai tugas-tugas tertentu dan menguasai jalur-jalur gerakan. Pergerakan pemain dan bola ditentukan dengan pasti, sehingga tim memperoleh serangan-serangan yang teratur dan sangat menghemat tenaga. Penyerangan berpola sangat baik dilakukan bila setiap pemain sukar menembus penjagaan lawan, serta usaha-usaha untuk memperlambat permainan.

Pola Pertahanan dalam Permainan Bola Basket

Pola Pertahanan dalam Permainan Bola Basket adalah suatu usaha yang dijalankan oleh tim bertahan dalam rangka menghalau serangan lawan. Unsur-unsur pelaksanaan pola pertahanan adalah sikap jaga, olah kaki untuk memenangkan langkah ketika melakukan pertahanan, dasar-dasar umum dalam penjagaan, posisi jaga dan pembagian daerah, dan pertahanan bersama.

Macam-macam bentuk pertahanan bersama antara lain sebagai berikut:
1) Pertahanan daerah (zone deffence) Pada pertahanan daerah, setiap pemain diberi tugas menjaga daerah tertentu. Mengingat susunannya, maka pertahanan daerah disebut pertahanan daerah 2-1-2, 2-3, 3-2, 1-2-2, dan 2-2-1. 2) Pertahanan satu lawan satu (man to man). Pertahanan satu lawan satu adalah pertahanan dengan menugaskan setiap orang untuk menjaga seorang lawan.

Macam-macam pertahanan satu lawan satu adalah sebagai berikut:
a). Pertahanan satu lawan satu dengan tetap.
b). Pertahanan satu lawan satu dengan ganti jaga.
c). Pertahanan satu lawan satu dengan penolong.

B. Analisis Taktik Penyerangan dalam Permainan Bola Voli

Pola penyerangan adalah suatu cara yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Taktik penyerangan diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan.

Taktik penyerangan adalah siasat untuk mematikan bola voli di lapangan lawan dengan cara yang diperkenankan dalam peraturan permainan.

1. Melindungi Penyerang (cover)
Cover adalah suatu proses serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (bendungan) pihak lawan harus diterima oleh pemain seregunya yang bersama-sama telah mempersiapkan diri untuk membela dan membentuk pertahanan. Tujuan dari melindung penyerang adalah melindungi seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan.

Jarak antara kelompok-kelompok yang berkumpul disekitar penyerangan bergantung dari lambungan pass dari setter (pengumpan), kualitas block pihak lawan, arah lajunya yang dipukul oleh penyerang.

2. Teknik-teknik Penyerangan
Smash merupakan suatu keahlian yang penting untuk mendapatkan angka. Seorang pemain yang pandai melakukan smash atau dengan istilah asing disubut smasher harus memiliki kegesitan, pandai melompat, dan mempunyai kemampuan memukul bola voli dengan keras.

Ada empat jenis smash, antara lain:
1. Smash depan (frontal smash).
2. Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar).
3. Smash dari pergelangan tangan.
4. Dump (smash pura-pura).

Taktik Penyerangan dalam Permainan Bola Voli

Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif. Agar kalian memahami taktik dan strategi penyerangan dalam permainan bola voli.

3. Pola Pertahanan dalam Permainan Bola voli
Taktik pertahanan adalah pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan lawan, dengan harapan adanya kesalahan dari regu penyerang. Taktik bertahan harus memiliki prinsip bahwa dengan bertahan regunya akan dapat menyerang kembali regu lawan.

Pertahanan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu pertahanan di atas net (blocking), pertahanan daerah tengah, dan pertahanan daerah lapangan belakang.

Dalam suatu pertandingan, suatu regu mungkin menggunakan beberapa sistem permainan, beberapa pola, dan beberapa tipe pertahanan. Hal ini dilakukan karena bola yang datang dari lawan selalu berubah-ubah. Sistem-sistem pertahanan antara lain sebagai berikut.

Pola pertahanan mempunyai arti bahwa pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan, dengan harapan regu lawan membuat kesalahan dari penyerangannya. Pola bertahan dengan formasi 4-2 merupakan bagian dari strategi dan taktik permainan bola voli.

Taktik bertahan harus mempunyai prinsip agar dengan pertahanan itu regunya dapat menyerang kembali regu lawan.

1.   Pola Bendungan Berteman
Seorang pemain dapat digolongkan sebagai pemain defensive yang baik, jika mampu bertahan dan mengimbangi smash-smash pihak lawan. Pertahanan mencakup 2 aspek, yaitu: menerima smash lawan dan melindungi dengan block. Jenis-jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.

2.   Taktik-Taktik Bendungan (block)
Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut:

C.Taktik dan Strategi dalam Permainan Sepakbola

Strategi adalah siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat, dan sesudah melakukan permainan/pertandingan. seperti: persiapan situasi dan kondisi tempat, peralatan, dan makanan (non-teknis) dan sistem, pola, tipe bertahan, dan menyerang, baik yang bersifat individu, grup maupun tim (teknis).

Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya. Permainan sepakbola termasuk permainan yang bersifat invasi karena penyerangan dan pertahanan harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan.

Analisis Taktik dan Strategi Pertahanan dalam Permainan Sepak bola.
Taktik pertahanan merupakan suatu siasat yang dilakukan baik perorangan, grup, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan atau merebut bola dari lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan. Taktik pertahanan dalam permainan sepakbola meliputi: mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola.

Kesimpulan.
Strategi dan taktik merupakan point terpenting dalam mencapai sebuah tujuan. Keduanya juga saling berkaitan sehingga didalam mencapai sebuah tujuan membutuhkan strategi untuk memulai dan menggunakan taktik ketika sedang proses. Maka dari itu, didalam permainan ataupun bersaing pasti membutuhkan strategi dan taktik untuk meraih sebuah kemenangan.

Semoga Materi Penjas Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini dapat bermanfaat sebagai bahan dalam pengajaran yang ada disekolah bapak / ibu guru. Semoga Bermanfaat.
 
strategi-dan-taktik-bola-besar

Strategi Dan Taktik Bola Besar

Materi Kelas 12 Materi SMA Penjas

Penulis: 
author
Mediapembahsan.com adalah media sharing informasi pendidikan yang mengulas tentang, pendidikan secara umum, materi sekolah, soal pelajaran, perangkat, dan info menarik lainnya.

Posting Terkait