Pengertian dan Sejarah Singkat Penemuan Mikroskop

20 views

Sebagian besar kita pasti tidak asing dengan mikroskop. Namun tatkala kita ditanya pengertian mikroskop dan sejarah penemuannya, belum tentu semua kita bisa menjawabnya dengan benar.Yah biasanya kita hanya tau pengertian umumnya saja, bahwa mikroskop adalah alat bantu yang digunakan untuk melihat benda-benda yang berukuran kecil.

Walaupun pengertian di atas sudah benar, tapi tidak ada salahnya pula kita menyimak lebih detil lagi ulasan tentang pengertian dan sejarah penemuan mikroskop berikut ini.

Pengertian Mikroskop

Dilihat dari segi etimologi mikroskop berasal dari kata mikro dan scopium. Mikro memiliki arti kecil sedangkan scopium berarti pengelihatan. Sehingga secara istilah lugasnya, mikroskop adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk melihat objek berukuran mikro (kecil) dan sukar untuk dilihat dengan mata telanjang.

Pengertian dan Sejarah Singkat Penemuan Mikroskop

Dalam kerjanya, mikroskop dibantu oleh beberapa lensa yang berfungsi memperbesar bayangan objek hingga beberapa kali dari aslinya. Oleh karena itu, mikroskop sangat berguna membantu para ilmuan untuk dapat meneliti benda-benda kecil berupa sel, jaringan, partikel ataupun mikro organisme yang tidak mungkin dapat terlihat jelas oleh mata.

Sejarah Penemuan Mikroskop

Dalam banyak literatur disebutkan bahwa orang pertam yang menggagas sekaligus menciptakan mikroskop adalah Zacharias Janssen. Pada tahun 1590 dibantu oleh Hans Janssen, sosok yang sehari-harinya berprofesi sebagai pembuat kacamata ini sukses menemukan sebuah alat yang dapat membuat objek terlihat lebih besar 150 kali dari aslinya.

Penemuan ini memotivasi ilmuan-ilmuan lain untuk mengembangkan alat yang sama. Tercatat ilmuan terkenal sekelas Galileopun ternyata tergerak untuk mengembangkan mikroskop. Pada kisaran tahun 1610 M, Galileo berhasil menemuakan sebuah mikroskop optik yang ia beri nama dengan namanya sendiri.

Pada tahun 1668-1677 seorang ilmuan berkebangsaan Belanda bernama Antonie Van Leeuwenhoek sukses mengembangkan mikroskop berlensa tunggal yang memiliki kemampuan memperbesar objek sebesar 270 kali lipat. Penemuannya ini telah mengantarkan nama Antonie Van Leeuwenhoek menjadi orang pertama yang berhasil melihat bakteri.

Alhasil penemuan-penemuan mereka saat itu sangat besar sumbangsihnya pada perkembangan ilmu pengetahuan. Saat ini, sudah banyak ditemukan berbagai varian mikroskop seperti mikroskop cahaya dan elektron.Kemampuannya dalam memperbesar penampakan objekpun tentunya jauh lebih besar dari mikroskop konvensional yang dikembangkan oleh orang-orang terdahulu. Paling tidak, saat ini laboratorium sudah menggunakan mikroskop cahaya yang memiliki kemampuan memperbesar 1000 kali lipat dari bentuk aslinya.

Demikian pembahasan seputar pengertian mikroskop dan sejarah penemuannya. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya tentang mikroskop.

Biologi Metode Ilmiah

Penulis: 
author
Mediapembahsan.com adalah media sharing informasi pendidikan yang mengulas tentang, pendidikan secara umum, materi sekolah, soal pelajaran, perangkat, dan info menarik lainnya.

Posting Terkait