Bagian Sel Flora Dan Fungsinya

Posted on
Sebagaimana hewan, bab sel tumbuhan terdiri dari tiga komponen utama berupa membran sel, sitoplasma dan banyak sekali macam organel-orgenel  yang terlarut dalam sitoplasma. Namun tentunya ada beberapa bab sel tumbuhan yang berbeda dengan bagian-bagian sel yang terdapat pada sel hewan. Ada beberapa bab sel tumbuhan tidak terdapat pada sel tumbuhan  antara lain; dinding sel,vakuola, dan plastida.
Untuk lebih jelasnya, kita akan bagi bab sel tumbuhan ke dalam dua bagian. Pertama, bab yang ada pada sel tumbuhan juga hewan. Kedua, bab yang hanya terdapat pada sel tumbuhan.

Bagian Sel Tumbuhan yang Juga Ada pada Sel Hewan

Bagian sel tumbuhan juga ada pada sel binatang antara lain:
  • Membran Sel: Merupakan selaput yang tersusun dari materi lemak dan protein yang berfungsi mengatur keluar masuk benda ke sel
  • Sitoplasma: merupakan cairan sel yang menjadi tempat berlangsungnya proses metabolisme sel
  • Nukleus: merupakan inti sel yang berfungsi sebagai pengatur semua aktivitas sel
  • Mitokondria: sering disebut alasannya ialah menjadi tempat pembentukan energi bagi sel
  • Badan Golgi: merupakan organel sekresi yang berfungsi mengeluarkan protein dan lendir 
  • Retikulum Endoplasma: merupakan sebuah jalan masuk yang menyalurkan zat-zat ke dalam sel
  • Ribosom: merupakan tempat sintesi protein dalam sel 
Lebih lengkapnya silahkan baca 10 Bagian Sel Hewan dan Fungsinya

 bab sel tumbuhan terdiri dari tiga komponen utama berupa membran sel Bagian Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Bagian Sel Yang ada Pada Tumbuhan

a. Dinding Sel
Merupakan bab terluar sel tumbuhan yang mempunyai tekstur kaku yang tersusun atas polisakarida. Polisakarida merupakan materi yang terdiri atas selulosa, hemiselulosa, dan pektin. Dinding sel berfungsi sebagai turgiditas sel yang menyebabkan sel tumbuhan menjadi kaku.
Dinding sel sanggup golongkan menjadi dinding sel primer dan dinding sel sekunder. Dinding sel primer dibuat pada ketika sel melaksanakan pembelahan, contohnya pada sel-sel muda yang sedang mengalami pertumbuhan. Dinding sel primer tersusun atas selulosa kira-kira 9–25%, pektin, hemiselulosa, serta beberapa senyawa lainnya. Selulosa terdiri dari mikrofibril yaitu serat-serat panjang yang mempunyai daya regang sangat kuat. Sementara itu, dinding sel sekunder sanggup terbentuk alasannya ialah proses penebalan. Dinding sel sekunder ini dimiliki oleh sel-sel bakir balig cukup akal yang berada di sebelah dalam dinding sel primer. Dinding sel sekunder mempunyai kandungan selulosa sebesar 41–45%, hemiselulosa, dan lignin.
b. Vakuola
Vakuola merupakan ruangan sel. Vakuola mempunyai beberapa fungsi utama seperti:
  • Tempat penimbunan sisa metabolisme sel
  • Tempat menyimpan cadangan makanan
  • Memasukkan air untuk turgiditas sel
  • Menyimpan pigmen
  • Menyimpan minyak atsiri

c. Plastida
Plastida merupakan organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. Plastida berasal dari perkembangan proplastida di tempat meristematik.Ditinjau dari pigmen yang dikandungnya terdapat tiga jenis plastida sebagai berikut.
  • Kloroplas, adalah plastida yang mengandung pigmen hijau dan berperan dalam proses fotosintesis.
  • Leukoplas, yaitu plastida yang tidak berwarna, umumnya terdapat pada tempat yang tidak terkena sinarmisalnya organ penyimpan kuliner cadangan ibarat biji dan umbi. 
  • Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen nonfotosintetik (merah dan oranye atau kuning).

Demikian bagian-bagian sel tumbuhan dan fungsinya. Jika anda coba sandingkan dengan bab sel hewan, maka akan tempak beberapa perbedaan sel binatang dan sel tumbuhan.

Gambar Gravatar
Mediapembahsan.com adalah media sharing informasi pendidikan yang mengulas tentang, pendidikan secara umum, materi sekolah, soal pelajaran, perangkat, dan info menarik lainnya.